Iman dalam Keselamatan

SAM_0707 Ada satu peristiwa yang menolong saya untuk memahami dengan lebih baik lagi bagaimana iman itu diperlukan secara aktif (bagian kita—manusia) di dalam keselamatan.

Saya menelepon salah satu orang tua murid mengenai pelunasan uang sekolah adalah salah satu syarat untuk menerima rapor kenaikan kelas siswa. Dengan malu-malu (tidak enak hati) orang tua itu bilang: saya sudah siapkan jauh-jauh hari, Bu. Tapi saya lupa melulu menitipkan kepada anak saya untuk dibayarkan ke pihak sekolah.

Terpikir: iman mungkin seperti itu di dalam penganugerahan keselamatan. Iman itu harus aktif. Tidak bisa hanya disiapkan (pasif); tidak bergerak—karena kita sendiri harus bergerak (aktif). Rapor (pemisalan untuk keselamatan) sudah ada (dianugerahkan dan tidak bisa diusahakan oleh orang tua ataupun siswa yang bersangkutan karena mereka tidak bisa dan tidak punya otoritas untuk mengusahakan rapot itu). Untuk memperolehnya, manusia yang bersangkutan harus melakukan sesuatu (dalam ilustrasi ini berarti melunasi uang sekolah). Orang tua tersebut sudah tahu bahwa melunaskan uang sekolah adalah syarat penerimaan rapot, namun ia tidak melakukan bagiannya. Menunda ketaatan seperti itu adalah ketidaktaatan. Tuhan tidak menyukai ketidaktaatan (sama seperti apa yang Adam-Hawa lakukan). Orang yang tahu apa yang baik (benar itu pasti baik), tetapi tidak melakukannya berarti ia telah berdosa (Yakobus 4:17). Dan itu tidak berlaku bagi mereka yang tidak tahu apa yang benar dan tidak melakukannya. Tetapi orang yang tahu apa yang benar untuk dilakukan dan tidak memberitahukannya kepada orang yang tidak tahu, juga telah berdosa. 1 Petrus 1:16: Kuduslah kamu sebab Aku (TUHAN) kudus (tidak bercela dan tidak berdosa). Kita hidup kudus bukan supaya kita bersih, tetapi karena TUHAN (tujuan akhir kita).

Semoga tulisan ini jadi berkat. Semoga kita mengerjakan apa yang menjadi bagian kita. Gbu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s