METODE KARAKTERISASI TELAAH FIKSI

Membaca buku terkadang memberi pencerahan, terkadang memberi penggelapan, terkadang malah tidak memberi apa-apa selain menghabiskan waktu dan energi. Membaca Metode Karakterisasi Telaah Fiksi karya Albertine Minderop membuat saya berada di antara pencerahan dan kegelapan. Sebenarnya buku ini adalah buku yang mestinya dari lama saya baca, namun baru sekarang saya berhasil “memaksakan” diri untuk membacanya sebagai peluasan wawasan.

Buku ini bermaksud menjelaskan bagaimana menentukan karakter tokoh di dalam cerita fiksi. Metode “umum” yang ada adalah telling (pendeskripsian yang dilakukan oleh pengarang) dan showing (melalui dialog, penampilan, dan perbuatan tokoh). Ternyata masih ada lagi: sudut pandang, gaya bahasa, dan arus kesadaran.

Buku ini memberikan saya ketiga hal itu: pencerahan, penggelapan, dan penghabisan waktu. namun kecenderungannya adalah yang terakhir. Atau mungkin juga salah saya karena seharusnya saya membaca buku ini saat saya belum mengenal betul sastra. Apalagi contoh-contoh penggalan karya sastra yang diambil adalah karya sastra Inggris. Memang, beberapa penggalan novel dan yang sudah difilmkan pernah saya baca dan tonton. Namun, masih saja banyak pertanyaan. Saya pikir, buku ini agak rumit, bahkan agak merumitkan materi yang sebenarnya cukup mudah. Selain itu, banyak sekali pengulangan, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Dan pengulangan itu tidak hanya terjadi di dalam satu bab, tetapi di bab-bab berikutnya sehingga tidak efektif dan efisien. Apalagi pengulangan itu dilakukan untuk materi yang mudah dipahami, sedangkan yang membutuhkan penjelasan lanjut, seperti dibiarkan.

Bagi teman-teman yang pernah membaca buku ini dan memahami isinya, boleh bantu saya dengan berdiskusi di sini. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s