EKSPERIMEN KECIL

Pernahkah kamu melakukan sebuah eksperimen sederhana yang tidak memerlukan bahan kimia yang sulit dan rumit? Tidak membutuhkan energi dan waktu yang relatif banyak? Tidak membutuhkan keahlian tinggi? Gratis pula!!!

It’s a simple experiment. Semua orang mampu melakukannya! Dan hasilnya, langsung kamu rasakan. Efek samping? Hm, baca saja dulu J

Oke. Ekperimen ini agen Gandum Baru (GB) lakukan beberapa waktu yang lalu selama tiga hari. See, just in three days! Eksperimen ini GB namai: Menjadi Orang yang Bahagia dan Menyenangkan. Mungkin, kamu bisa mencapai gol ini dengan cara kamu sendiri. Tapi, ini salah satu cara yang GB lakukan. Dan berhasil!

Di dalam tiga hari, agen GB tersenyum kepada siapa pun yang agen GB temui: di rumah/kosan, di tempat kerja, di gereja, di tempat makan. Tidak hanya kepada orang yang menjadi rekan kerja langsung, tapi juga kepada satpam, OB, pelayan, kasir, tukang parkir, dsb. Sapalah mereka: selamat pagi!, sudah makan atau mari makan, see you tomorrow, GBU, hati-hati di jalan.

Hindari menggunakan kata-kata yang memiliki arti negatif. Gunakanlah kata-kata positif. Misalnya, baik; bagus; indah; cantik; menarik; semua pasti bisa diatasi, kita harus bekerja sama; apa yang sudah dicapai sudah baik; kita melakukan yang terbaik, maka hasilnya jelaslah yang terbaik pula; semua ini (hal yang dipandang orang lain buruk) pasti ada maksud baiknya; kita berdoa saja; Tuhan pasti mendengar; ceria sekali, Bu/Pak?; hari ini sudah cukup baik, dan masih ada hari esok untuk menjadi lebih baik lagi; terima kasih; semoga berhasil; aku akan berusaha membantu, dst.

Jika ada teman yang geram atas perlakuan teman kerja yang lain, ambilkan segelas air putih dan katakan sesuatu, misalnya, “Minum dulu. Air putih ini akan melegakan hatimu. Membasuh kegeramanmu (sambil menaik-naikan kedua alis dan cengengesan).” Atau katakan, “Minum dulu. Tapi minumnya sambil lihat gw, yaaa …” (sambil centil-centil bercanda). Kalau kata Bertrand Russell, anything you’re good at contributes to happiness (Apapun yang menjadi keahlianmu akan mendatangkan kebahagiaan). Kalau kamu mampu menenangkan hati teman lewat segelas air putih sambil tersenyum, jangan memaksakan diri untuk memberi jus avokad di Pizza Hut.

Bagaimana dengan efek samping? Adakah efek sampingnya? Efek sampingnyaaa, agen GB merasa terbeban: apakah setelah lewat tiga hari ini agen GB masih akan menjadi orang yang bahagia dan menyenangkan banyak orang?

Naaah, dari situlah muncul sebuah pertanyaan yang menjadi jawaban: apa motivasi di dalam hati agen GB? Jika motivasi itu tidak sejalan dengan kehendak Tuhan, siap-siap saja untuk sebuah akhir yang tidak menyenangkan! Tetapi jika motivasi kita sesuai dengan kehendak Tuhan, Tuhan pasti menyertai. Bagaimana mengetahui kehendak Tuhan? Yaaa, ngobrollah sama Tuhan (1 Tes 5:17: berdoalah senantiasa).

Tuhan selalu baik dan kasih-Nya tidak akan pernah berubah! Selama ada Kristus di dalam hati kita, maka semua akan berakhir dengan indah. Kalaupun ada kejatuhan di dalam perjalanan hidup, Tuhan pasti menolong. Dan pada akhirnya, kita akan berkata ,”Sudah selesai…” sambil mengucap syukur. Setuju? Bagi yang setuju, silakan tersenyum dan katakan “amin”. Bagi yang tidak setuju, baca lagi artikel ini sampe akhirnya kamu setuju. Hehehe.••

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s