Cuma Bisa Diam

Persoalan yang masih dalam tanda tanya berhasil membuat saya memilih untuk diam saja. Dan ke-diam-an ini memberi kenikmatan tersendiri. Awalnya tidaklah demikian. Ada rasa tidak merima dan rasa ditolak oleh komunitas. Namun kemudian, setelah saya menerima, saya merasa asyik di dalam ke-diam-an. Kadang-kadang malah penasaran dengan ke-diam-an itu. Mungkin karena memang inilah yang sedang saya butuhkan—tentu tidak untuk selamanya.

Persoalan itu sepertinya “sengaja” dibiarkan dalam tanda tanya besar—tak perlu dicari tahu apa persoalan itu karena ia hadir bukan untuk dipecahkan, tetapi untuk menutup mulut saya.

Merenung sambil mengerjakan sesuatu tanpa banyak bicara, khususnya bicara hal-hal yang tidak perlu. Hitung-hitung menghemat energi. Lagipula ada banyak pekerjaan yang harus dikerjakan (dengan tanpa bicara). Dan ada banyak hal yang bisa dibicarakan. Keduanya sama-sama penting. Tetapi sejauh belakangan ini, banyak hal yang memang bisa dibicarakan, tetapi rasanya belum menemukan orang yang tepat. Ketika itu dibicarakan dengan orang yang tidak tepat, maka akan terasa percuma. Selama orang yang tepat itu belum dipertemukan dengan saya, tampaknya saya akan simpan seorang diri saja. Paling lewat tulisan (jurnal) dan terkadang pada seorang teman dekat yang jauh di sana. Atau kalau pun kami tidak sempat bertemu karena salah satu dari kami tersesat atau mati lebih dulu, saya harap salah satu dari kami menemukan jurnal yang kami tulis sehingga kami tahu “siapa” orang itu.

Saya bersyukur masih bisa melakukan banyak pekerjaan sehingga di dalam ke-diam-an itu saya tidak membeku, tetapi senantiasa bergerak. Dengan demikian proses terbungkus dengan apik. Seperti bayi di dalam kandungan. Nanti, begitu waktunya tiba, proses itu akan menghasilkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s