tidak ada latihan teater: hiks hiks :(

mereka datang dengan sorak sorai. begitu membahagiakan bagi mereka saat-saat berlatih teater. ada siswa yang bertanya beberapa kali untuk memastikan bahwa ada latihan teater sore ini. ada yang berlari tergesa dengan kaus oblong dan seragam putihnya berkibar-kibar, datang menghampiri saya untuk membuktikan bahwa perkataannya benar: hari ini ada latihan. kemudian ia menertawakan temannya yang telah kalah taruhan. ada juga yang meminta pembantu rumah mengantarkan celana pendek dan kaos oblong agar ia bisa latihan sore ini. ada yang sudah menyiapkan kostum latihan sedari rumah dan sudah berganti kostum–bahkan sebelum waktunya. ada yang sengaja pulang untuk mengambil kostum latihan dan datang ke sekolah dengan kostum terpasang dan wajah seolah-olah menyiratkan “aku siap latihan!”. ada juga yang sudah mengikat rambutnya dan menggunakan bando agar tak sehelai pun rambut yang mengganggunya selama latihan nanti.

lalu, berita itu datang: tidak boleh ada ekskul selama mid semester. dan itu memang benar. namun sebelumnya, kepala sekolah mengatakan bahwa hanya rabu tidak boleh ada ekskul karena ada rapat intern dengan pihak pusat di ruang guru. setelah itu, ekskul boleh. ya, namanya perubahan tidak bisa ditahan. ia akan selalu datang kapan pun ia inginkan dan dibutuhkan.

menurut saya pun berita itu masuk akal. namun anak-anak tidak terima. ada yang marah, ada yang sedih dan kecewa lantas menitikkan air mata, ada yang segera pulang karena tidak mau berdebat. semakin keras mereka meminta saya untuk tetap mengadakan latihan, semakin saya diam dan tersenyum karena penjelasan apa pun tak akan membuat “kegeraman” mereka reda. lagipula mereka sendiri tadi sudah melihat dan mendengar berita itu langsung dari pihak yang berwenang di sekolah.

satu-satu mereka pulang, dengan berbagai persaan di dalam hati mereka. dan yang paling kelihatan adalah sedih dan amarah. namun, apa daya: tak ada yang bisa saya perbuat selain berkata pada diri sendiri bahwa ini bukan kehendak saya dan berharap agar amarah dan kesedihan mereka segera redam lewat pengertian.

semoga jumat ini kita bisa latihan😀

2 thoughts on “tidak ada latihan teater: hiks hiks :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s